WAGE ~ Film Indonesia Spesial Sumpah Pemuda

Share
Embed
  • Published on Oct 30, 2017
  • Film drama biografi Indonesia berjudul “Wage” ini merupakan film yang menceritakan tentang kisah dari nasionalisme dan lagu kebangsaan dari Republik Indonesia, Indonesia Raya yang merupakan lagu nasional dan identitas bangsa RI semenjak mula pertama berkumandang bersamaan dengan bergemanya dari ikrar Sumpah Pemuda.
    Pada 28 Oktober 1928, awal momentum dari perwujudan dari kebangkitan kesadaran perlawanan terhadap para penjajah secaa nasional yaitu dengan kesadaran untuk melawan para penjajah secara bersama-sama sebagai satu bangsa, Indonesia Raya dan tidak lagi berbasis terhadap kedaerahan dan kesukuan maupun keagamaan.
    Dengan daya pembangkit dari kesadaran kebangsaan yang terkandung dalam lagu nasional Indonesia Raya dan Sumpah Pemuda yang lahir secara bersamaan pada 28 Oktober 1928. Seorang pemuda bernama Wage Rudolf Soepratman, kelahiran Somongari, Purworejo, 19 Maret 1903, berikrar dengan semangat membara pada dirinya dengan berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia dengan lagu dan biolanya serta akan terlibat secara langsung dalam pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia.
    Somongori yang tidak lain merupakan desa yang diyakini dibuka oleh sisa-sisa laskar pasukan Pangeran Diponegoro, perdikan yang masih tetap terus mengobarkan semangat untuk melawan penindasan para penjajah. Darah dari para pejuang itu bisa menjadi memberi semangat kepada Wage Rudolf Soepratman ketika mengambil keputusan untuk meninggalkan semua kemewahan yang dimiliki di Makasaar dan kembali ke Jawa.
    Dengan semangat membara itu yang mengantar Wage Rudolf Soepratman melibatkan diri secara langsung dalam pergerakan kemerdekaan di Jawa dan menjadi jurnalis yang mewakili penderitaan suara rakyat kecil dan memasuki ruang rapat dari organasisi pemuda serta terlibat dalam arena pergerakan kebangsaan terutama mengubah lagu-lagu perjuangan untuk menggelorakan semangat perlawanan rakyat. ‘Dari Barat sampai ke Timur’, ‘Indonesia Wahai Ibuku’, ‘Di Timur Matahari’ dan ‘R.A. Kartini’ merupakan sebagian di antara lagu-lagi perjuangan gubahan Wage Rudolf Soepratman. Lalu dengan puncak dari segal karya lagu yang diciptakan adalah lagu kebangsaan dan nasional Republik Indonesia yaitu ‘Indonesia Raya’.
  • EntertainmentEntertainment

Comments • 66

  • BIMO AJI_D
    BIMO AJI_D Month ago

    CLIKBAIIT

  • Kuli Mikul
    Kuli Mikul Month ago +1

    Oh.... penyeleweng" ber.hati"lah jika suatu saat nanti sejarah hidup mu kelak di selewengkan dari sejarah mu.....

  • Fajar Gaming
    Fajar Gaming Month ago

    Salah tulis judul

  • Den Anto
    Den Anto Month ago

    dusta ya?

  • TRAVEL SIK
    TRAVEL SIK 2 months ago +2

    Yang mampir karna salah judul mana suaranya wkwkwkwk

  • Pradigta Gaming
    Pradigta Gaming 3 months ago

    Ini film Sudirman

  • endah ayoe
    endah ayoe 3 months ago

    Nipu niih bukan wage

  • mokhamad ikhwanul khoiron

    Pembodohan. G sesuai dgn judul, pembohong nih.. Payah.. Unlike

  • Adi Aryo
    Adi Aryo 4 months ago

    Mana Wage-nya???,, agak aneh memang, W ngikutin film ini smp durasi menit 49. Lagipula secara setting waktu, linimasa kehidupan WR Soepratman berada direntang 1903-1938. 7 thn sblm Indonesia merdeka. Makanya agak aneh awal ngeliat film ini, kok sdh ada presiden dan serangan Belanda di Yogyakarta. W kira ceritanya menggunakan alur mundur. Eh,, gk taunya judulnya ngebohingin kita. Payah, film bagus, tapi judulnya gk sesuai sama isinya. Yg dicari "Wage", yg muncul yg laen...

  • Bambang Purwantono Juliadi

    yang jadi jendral Sudirman terlalu muda. Dulu yang jadi Jend. Sudirman: Deddy Sutomo.

  • Bambang Purwantono Juliadi

    Kakekku pernah ikut bergerilya dg Jend. Sudirman. Aku pernah lihat foto kakekku yg sedang bersenjatakan stand-gun.

  • Bambang Purwantono Juliadi

    murid2 sekolah2 wajib nonton film ini, nih. Bukan cuma untuk nonton AYU. Film ini lebih penting.

  • m. helmi Kurniawan
    m. helmi Kurniawan 4 months ago +9

    ini film jenderal soedirman bloon...bagus emang,,,tp kita lg mau nonton wage

    • Rindu Aprilia
      Rindu Aprilia Month ago

      Pantesan, kok aku pusing liat judul sama filmnya 😖

  • Rifqi Roselina
    Rifqi Roselina 5 months ago

    la aku aja ikut syuting film nya, kog lu mau boongin gue . gblk

  • Rachmadhani Nurfianto
    Rachmadhani Nurfianto 5 months ago

    Woo asuu pekok!!

  • orangsuper keren
    orangsuper keren 6 months ago +2

    JANGAN MEMBODOHI ORANG DONG. SAYA JUJUR MAU NONTON FILM NASIONAL WAGE KOK MALAH FILM INI SIH?
    BESOK2 JANGAN BEGITU YA.

  • gressi ginarti
    gressi ginarti 6 months ago

    Yang Saya tahu Wage Supratman bukan Wage Sudirman

  • wong Gondes
    wong Gondes 7 months ago

    2019

  • Fathir Tube
    Fathir Tube 7 months ago

    Dasar suka buat video clickbait
    Judul dan Thumbnail nya Film Wage
    Tapi Film nya malah Film Jendral Sudirman
    Walaupun gua suka juga film ini tapi tidak usah kayak gini juga
    Dasar pencari penonton yang banyak
    Tidak boleh seperti itu
    Tidak boleh berbohong

  • Rizki Kurniawan
    Rizki Kurniawan 8 months ago

    penipu

  • Kevan Azriel
    Kevan Azriel 8 months ago

    Gajelas nyink

  • Akhmad Maulidissalam
    Akhmad Maulidissalam 9 months ago +1

    Keciri bgt sih nyari adsense nya, tpi ga gini jga kali, nnti org yg blm prnh nntn film jendral soedirman dikiranya ini film wage!!!

  • Dwi Ana
    Dwi Ana 9 months ago

    Lah kok ini malah Film Soedirman.. Bukan Wage nihh

  • Mukayah Makde
    Mukayah Makde 9 months ago

    Nih orang tau nggak sih bedanya wage sama sudirman.. ngaco nih.. nggak pernah makan sejarah kali

  • ade rifqi
    ade rifqi 9 months ago +1

    saya suka film jendral soederman.. tp ya gak gini juga kali faakkk

  • Muhammad Sanie
    Muhammad Sanie 9 months ago

    Click Bait. Judul nggak sama dengan isi. Jika ingin menyampaikan sesuatu yang baik, gunakanlah cara yg baik. Bukan MENIPU DENGAN JUDUL YG MENYESATKAN.

  • ROMI GAMING
    ROMI GAMING 9 months ago

    Jelas jelas ini film sudirman

  • Muamar FX
    Muamar FX 9 months ago +2

    Yah kocak ni orang narik viewer ngasih judul gak pas ini film sudirman ya bukan film wage rudolf supratman

  • Indah Makmum
    Indah Makmum 9 months ago

    ini bukan wage. sy nonton wage d bioskop nda kyk gini. ini pak dirman. duh ...

  • Vivi Dindq
    Vivi Dindq 9 months ago

    bikin terharu dan sedih flm ini....terimakasih bapa panglima besar sudirman....jasa an keikhlasan anda akn selalu kami kenang dan semangat berjuang merawat NKRI

  • Harmain said
    Harmain said 10 months ago

    Ternyata bener ini film jendral Sudirman!

  • Fatma Noval
    Fatma Noval 10 months ago

    Anjing yg bikin

  • Nuha _
    Nuha _ 11 months ago

    Ini film soedirman, udah pernah nonton, nggak nyesal sih kalo mau nonton mah

  • Fathma Nurul I
    Fathma Nurul I 11 months ago

    Aku dah paham basa jawa karena aku dari jawa tengah

  • Fathma Nurul I
    Fathma Nurul I 11 months ago

    Tahun segitu kakungku udah lahir rumahnya juga dekat yogyakarta di kota klaten

  • Alfi Septa
    Alfi Septa Year ago

    Setan ini film jendral soepratman

  • Aulia Zuraidah
    Aulia Zuraidah Year ago

    Inimah film soedirman

  • farah putri15
    farah putri15 Year ago

    kok gak ada wagenya adanya sudirman

  • obimo .p
    obimo .p Year ago

    Ini mah film Sudirman oyyy , jangan nipu

  • Dees Weka
    Dees Weka Year ago +1

    Ini mah sudirman

  • Nur Uswatun Hasanah

    hmph....kecewa😧

  • Fahmi Can
    Fahmi Can Year ago

    9:40.....Tuh nasib bagi pencuri....

  • Agoes Bences
    Agoes Bences Year ago +1

    ini salah judul

  • Keisha Dzakira
    Keisha Dzakira Year ago +8

    Ini bukan film wage

  • thea cantik
    thea cantik Year ago

    kok film nya isinya cuma sudirman

  • thea cantik
    thea cantik Year ago

    yang jadi jend sudirman siapa

  • thea cantik
    thea cantik Year ago

    ini film wage beneran kah?

  • Mario Fransiscus Simanjorang

    Inilah cerita sejarah yang sebenarnya. Yang mana para panglima TNI yang setia kepada soekarno di culik dan dibunuh oleh orang orang soeharto. Karna ingin mengambil alih kekuasaan. Jadi soeharto memutar balikkan sejarah bahwa PKI yg menculik para jendral jendral kita. SEJARAH INDONESIA TIDAK SEPERTI YANG TERTULIS DIBUKU BUKU YANG BEREDAR SAMPAI SEKARANG. INDONESIA MERDEKA MUTLAK 100% DIBAWAH NAUNGAN SOEKARNO BUKAN SOEHARTO !!!!

    • MRHSN CHANNEL
      MRHSN CHANNEL 4 months ago

      Bokap gua lahir 1938 dia ngalamin dan dia lebih tau. Lau sok tau sob PKI di berantas sama Soeharto

    • Zio Decade
      Zio Decade 6 months ago

      @Tepi 21 halah bacot lu!

    • SIGIT Eko
      SIGIT Eko 9 months ago

      Saya setuju!!!!!!

    • Brie Triyoso
      Brie Triyoso 10 months ago +1

      @Stephanie Angelica korban propaganda dan fitnah mutlak agar PKI menjadi sosok yang benar, jangan hanya cari lewat uc browser atau opera atau alat browsing kalau mau tau ke aslian sejarah, cari dari sumber terpercaya, termasuk saksi hidup, jangan hanya dari saksi hidup/sumber dari org yg pro PKI, lihat rentetan sejarah coba rollback sebelum kejadian G30S, apakah PKI ikut andil dalam sumpah pemuda? Sejak kapan TNI dan PKI bermusuhan? Apakah PKI turut serta dalam pembentukan PANCASILA yang jadi dasar negara INDONESIA? Apa yg terjadi di Madiun tahun 1948? Kenapa DN aidit tidak tertangkap dan ikut di hukum mati bersama muso selaku pentolan PKI setelah peristiwa Madiun? Bagaimana DN aidit bisa menghidupkan PKI kembali dan menjadi partai besar ke 4 sehingga dapat masuk di berbagai peran pemerintahan? Bagaimana keterangan sukitman salah satu polisi yg ikut di tahan dalam kejadian G30S sebagai saksi hidup yg melihat dan mendengar secara langsung kebringasan PKI? Bagaimana kesaksian keluarga korban PKI? Bagaimana tritura tercetus? Kenapa rakyat mendemo Soekarno? Kenapa Soekarno diasingkan? Siapa yg menunjuk Soeharto sebagai pemimpin negara sementara? Lihat rentetan sejarah yang terjadi, jangan asal menyalahkan hanya dengan kata hutang, dan tentang kematian soekarno apakah anda punya bukti yang kuat, seperti saksi, data obat, dokter yg bersangkutan, berkas" dari rs yg bersangkutan? Atau cuma mendengar dr opini dan suara translate google, dan membaca dari sumber yg uncredible?

    • Tepi 21
      Tepi 21 11 months ago

      @Jherry delita Ardasta begini mbak mbak delita yg guoblog sedunia,anda bisa browsing di UC browser atau google bahwa Soeharto memalsukan PKI sebagai asetnya agar beliau tidak bersalah,trus kira kira siapa yg membunuh Soekarno? Ya Soeharto beliau menyuruh dokter untuk memberikan obat yg tidak sesuai resep,dan perlahan lahan Soeharto bajingan itu membunuh Soekarno,banyak yg bilang Soekarno serangan jantung padahal enggak beliau DIBUNUH,dan saya memang tidak lahir di tahun 45/75 tapi mama saya lahir di tahun 75,beliau tau sengsaranya dipimpin oleh Soeharto,dan satu lagi HUTANG NEGARA NGGAK AKAN NUMPUK KALAU SOEHARTO NGGAK MENJABAT SELAMA 32TAHUN,JADI SIAPA YANG BEGO SEDUNIA SEKARANG WAHAAI MBAK DELITA?

  • Ririn Anggraini
    Ririn Anggraini Year ago

    Huh

  • Muhammad Haikal
    Muhammad Haikal Year ago

    😭😭